Senin, 24 Mei 2010

Inovasi Teknologi dan Isu Pemanasan Global

Para ilmuwan maupun produsen produk yang bergerak dalam bidang teknologi terus berlomba-lomba melakukan inovasi terhadap karya atau produk mereka, hal ini tentu saja mereka lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan peran teknologi dalam mempermudah pekerjaan manusia di kehidupan sehari-hari dan sebagai kepentingan para produsen produk teknologi untuk memperluas pasar atau merebut pasar dari kompetitor, dengan cara menciptakan tren baru berupa produk yang inovatif di kalangan konsumen produk teknologi. Inovasi sendiri dalam KBBI diartikan sebagai pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru atau pembaharuan.
Contoh inovasi teknologi terbaru yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia menurut pengamatan penulis adalah teknologi internet. Bahkan dari sana muncul inovasi-inovasi lainnya yang semakin memperlihatkan peran signifikan internet dalam kehidupan manusia. Inovasi-inovasi dengan landasan teknologi internet contohnya adalah pengembangan protokol internet protocol television (IP TV), voice over internet protocol (VOIP), situs-situs social network seperti facebook dan inovasi terbaru yang disebut-sebut sebagai generasi web terbaru yaitu web 3.0, cloud computing, dimana dengan teknologi cloud computing memungkinkan kita untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang biasanya dijalankan di PC (personal computer) melalui koneksi jaringan internet.
Dan, masih banyak lagi sebenarnya inovasi-inovasi yang muncul dengan adanya teknologi internet. Internet muncul pada akhir tahun 80-an, dan mulai booming pada awal tahun 2000 tetapi sudah banyak sekali inovasi-inovasi yang muncul dari adanya teknologi internet. Hal ini merupakan salah satu contoh yang memperlihatkan bahwa teknologi berkembang dengan sangat cepat dan inovasi teknologi merupakan suatu hal yang selalu dikejar selama hal tersebut memungkinkan untuk diwujudkan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Selain inovasi yang berdampak luas seperi teknologi internet yang dikembangkan oleh para ilmuwan, para produsen produk-produk teknologi juga berlomba-lomba melakukan inovasi terhadap produk mereka. Inovasi yang mereka lakukan biasanya adalah dengan memanfaatkan inovasi teknologi yang telah dikembangkan ilmuwan untuk dilekatkan di produk mereka, sampai akhirnya menghasilkan produk yang inovatif. Tetapi tidak sedikit produsen yang mempunyai pusat riset sendiri untuk menciptakan inovasi teknologi.
Salah satu contoh perusahaan yang mempunyai pusat riset yang menghasil berbagai inovasi teknologi adalah Microsoft Inovation Center (MIC), dimana disana mereka mengembangkan frameworks dan aplikasi sendiri yang walaupun proprietary tapi tetap menghasilkan sesuatu yang inovatif. Dengan inovasi-inovasi tersebut mereka sampai sekarang masih menguasai pasar di bidangnya.


Selain itu Microsoft juga mengadakan acara tahunan untuk para mahasiswa di seluruh dunia untuk menyalurkan ide inovatifnya dalam sebuah lomba internasional, yang tentunya finalisnya akan diapresiasi tinggi oleh Microsoft, lomba ini adalah Microsoft Imagine Cup. Tentunya acara ini diadakan oleh Microsoft dengan tujuan selain sebagai bentuk kepedulian terhadapa perkembangan teknologi khususnya IT di dunia, juga untuk mencari inspirasi inovasi untuk produk mereka pada masa selanjutnya. Fakta-fakta ini sedikit banyak membuktikan bahwa inovasi adalah suatu hal yang penting bagi produsen produk teknologi untuk tetap menguasai pasar dan bersaing dengan kompetitor.
Ada juga perusahaan produk teknologi yang berhasil mengambil pasar dengan cara menciptakan tren lifestyle di konsumen dengan inovasi pada produknya, sehingga konsumen merasa harus memakai produk tersebut agar dapat diakui di suatu komunitas. Contohnya tren ponsel BlackBerry di kalangan remaja Indonesia khususnya, dimana merek tersebut menyuguhkan eksklusivitas dengan menyediakan jaringan eksklusif RIM (Research In Motion), aplikasi BBM (BlackBerry Messengger), desain yang atraktif, dan fitur push email yang handal. Dengan inovasi seperti ini, vendor ini semakin dikenal di Indonesia, padahal jika kita lihat 2 tahun ke belakang vendor ini sangat jarang peminatnya di Indonesia, bahkan hanya sedikit orang yang pernah mendengar merek vendor ini pada waktu itu. Sekali lagi, melihat fakta ini kita dapat simpulkan bahwa inovasi juga dapat menciptakan tren/lifestyle di kalangan konsumen produk teknologi yang akhirnya membawa keuntungan bagi developer dan konsumen.

Isu Pemanasan Global

Isu pemanasan global (Global Warming) yang menjadi topik utama bahasan dunia saat ini juga telah sedikit banyak mempengaruhi arah inovasi-inovasi teknologi. Hal yang paling terlihat adalah munculnya istilah teknologi hijau (Green Technology) dimana pengembangan atau inovasi teknologi berorientasi pada lingkungan, artinya inovasi teknologi diarahkan kepada teknologi yang ramah lingkungan. Arah inovasi teknologi yang mengarah ke teknologi yang berorientasi lingkungan dimulai dari semakin sadarnya warga bumi akan pentingnya memerangi pemanasan global, para peneliti dan produsen pun semakin banyak yang melakukan inovasi teknologi yang mengarah ke green technology untuk berlomba-lomba berkontribusi memerangi pemasan global dengan inovasi-inovasi yang mereka rancang.
Inovasi teknologi yang berorientasi green technology sebenarnya tidak hanya berdampak pada menghambat pemanasan global saja tetapi juga secara tidak langsung dapat menghemat biaya produksi jangka panjang sebuah perusahaan, karena tentu saja produk-produk green technology mempunyai efisiensi energi yang tinggi. Jadi menurut penulis inovasi teknologi yang sekarang yaitu yang berorientasi pada green technology merupakan arah inovasi teknologi yang sangat positif meskipun ada beberapa kendala dalam pengembangan green technology ini.
Salah satu contoh teknologi hasil inovasi teknologi ramah lingkungan adalah SSD (Solid State Drive), SSD adalah sebuah media penyimpanan data seperti HDD (Hard Disk Drive) tetapi lebih hemat energi karena tidak menggunakan sistem mekanik seperti pada HDD. Sebagai pengganti sistem disk mekanik pada HDD, teknologi SSD menggunakan flash memory berupa SRAM atau DRAM. Walaupun begitu SSD masih mahal jika dibandingkan dengan harga HDD, serta kapasitas maksimal SSD yang telah dikembangkan belum sebesar memory yang dapat disimpan HDD, yaitu hanya sebesar 1 TB. Selain teknologi SSD masih banyak inovasi-inovasi lainnya yang mengimplementasi teknologi ramah lingkungan, seperti solar cell technology, teknologi biofuel, low power microprocessor dan lain-lain.
Teknologi yang dapat dikatakan sebagai green technology yang sempurna adalah teknolgi yang dalam pengembangan, penerapan dan siklusnya memenuhi 4 kriteria. Kriteria tersebut adalah Green Use, artinya pemakaian daripada teknologi ini dapat mereduksi konsumsi energi atau memiliki efisiensi energi yang cukup tinggi; Green Disposal, artinya teknologi/produk ini dapat didaur ulang; Green Design artinya teknologi didisain dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan atau tidak mencemari lingkungan; dan Green Manufacturing artinya proses pembuatan produk ini tidak mencemari lingkungan.
Walaupun banyak sisi positif dari inovasi yang mengarah ke green technology terdapat beberapa kendala yang muncul dalam pengembangan teknologi-teknologi ramah lingkungan, antara lain terbatasnya fitur dan harga yang relatif cukup mahal dibanding dengan produk teknologi sejenis yang tidak menimplementasikan teknologi ramah lingkungan (green technology). Walaupun begitu penulis melihat bahwa kendala ini merupakan tantangan bagi pada inovator-inovator atau peneliti-peneliti teknologi untuk menghasilkan produk teknologi ramah lingkungan yang terjangkau dan memiliki fitur yang mumpuni bagi kebutuhan manusia saat ini.
Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa inovasi teknologi sangat penting dan bermanfaat terhadap berbagai aspek, inovasi teknologi yang bermunculan dengan cepat pada masa sekarang ini menuntut para ilmuwan dan produsen untuk selalu menghasilkan inovasi teknologi seiring dengan jalannya waktu dan dengan adanya isu pemanasan global (global warming) sedikit banyak mempengaruhi orientasi inovasi teknologi yang sudah banyak megarah kepada konsep teknologi ramah lingkungan (green computing).

REFERENSI
http://en.wikipedia.org/wiki/Green_computing
http://en.wikipedia.org/wiki/Solid-state_drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar